Kami men Jual Bibit Pohon Kurma Ajwa dan Khalas, Buah Kurma  yang penuh khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Apakah Anda pernah mengkonsumsi buah kurma jenis ajwa dan ingin mengetahui 20 manfaat buah kurma ajwa? Buah kurma adalah salah satu dari sekian banyak buah yang tentunya sudah banyak Anda ketahui. Buah kurma menjadi salah satu buah khas negara Timur Tengah (Arab). Buah kurma juga banyak dijual di sekitar kita terutama pada bulan suci Ramadhan. Buah kurma memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah buah kurma ajwa. Buah kurma ajwa memiliki bentuk lonjong yang agak bulat dan berwarna agak kehitaman jika sudah matang. Buah kurma ajwa sering disebut dengan buah kurma nabi. Buah kurma banyak dikonsumsi terutama pada bulan puasa untuk menu sahur dan berbuka puasa. Karena buah kurma jenis ajwa ini memiliki kualitas yang baik. Buah kurma ajwa ini memiliki banyak sekali khasiat untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh agar tetap sehat dan kuat. Ada sekitar kurang lebih 20 manfaat buah kurma ajwa yang perlu Anda ketahui.

Bibit Pohon Kurma Umur 5 Bulan

1.    Mengandung Multivitamin Lengkap : Kandungan yang juga amat penting yang terdapat pada kurma adalah Kandungan pro Vitamin A (beta karoten) yang mencapai 89 mikro gram per 200 gram buah segar. Vitamin A juga berkhasiat untuk kesehatan mata, sehingga tak heran jika kebanyakan orang gurun rajin mengkomsumsi kurma untuk memperkuat pendengaran dan memfokuskan penglihatan. Selain itu kurma juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin K yang berfungsi sebagai anti oksidan.
2.    Sumber Unsur Mineral : Buah kurma terbukti mengandung banyak unsur mineral yang baik untuk tubuh, seperti fosfor, kalsium, magnesium, besi, sodium, sulfur dan klorin. Sebagaimana fosfor dan kalsium berfungsi untuk membentuk tulang dan kesehatan gigi, fosfor juga berperan penting sebagai nutrisi otak. Besi sangat penting untuk aktivitas pembentukan hemoglobin dan zat darah merah sehingga mampu mencegah anemia.
3.    Kaya Serat : Serat yang terkandung dalam kurma ternyata mampu mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat dalam kurma juga mampu mencegah terjadinya kanker usus besar, dikarenakan serat berfungsi membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengingat bahan kimia.
4.    Sangat Baik Untuk Ibu Hamil dan Melahirkan : Dokter Muhammad an-Nasimi dalam kitabnya, ath-Thib an-Nabawy wal ‘Ilmil Hadis (Pengobatakan Ala Nabi dan Ilmu Modern) mengatakan bahwa perempuan hamil yang akan melahirkan sangat membutuhkan makanan dan minuman yang kaya akan unsur gula. Hal ini dikarenakan banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan jabang bayi, terlebih lagi jika hal itu membutuhkan waktu yang lama.
Sehingga kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolennya, yaitu kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi. Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam kurma basah (ruthab). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah dan cepat dicerna oleh tubuh.
5.    Memperlancar ASI dan Mengobati Kemandulan : Beberapa hormon yang terkandung dalam kurma juga berfungsi untuk menghambat aktivitas hormon kelenjar gondok atau glandula thyreoidea. Dan juga hormon pembangkit kelenjar susu, sehingga dapat memperlancar ASI. Serta sebut sari kurma juga dipercaya dapat mengobati kemandulan.
6.    Sebagai Penangkal Sihir : Disebutkan dalam Shahih Bukhari Muslim, hadits yang diriwayatkan oleh Sa’ad bin Abi Waqqash, Nabi Shalallahu ‘alahi wa sallam bersabda; “Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.”
Berkaitan dengan keistimewaan kurma Ajwah, Ibnu Hajar Al-Asqalani menukil perkataan Imam Al-Khathabi juga mengungkapkan: “Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan do’a dan keberkahan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah, bukan karena dzat itu sendiri.”
Jadi begitulah keistimewaan buah kurma dengan berbagai macam khasiat dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Wallahu ‘alam bis Shawab*/ Yahya Ghulam
Manfaat dari kurma diantaranya bebas dari masalah konstipasi, gangguan pencernaan, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker abdomen, dan kondisi-kondisi lain. Kurma juga sangatlah baik untuk menaikkan berat badan. Kurma kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Buah kurma yang lezat ini mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa ahli kesehatan berkata bahwa mengkonsumsi satu buah kurma per hari diperlukan untuk pola makan yang seimbang dan sehat.
Manfaat kesehatan dari kurma telah menjadikan buah ini sebagai bahan baku terbaik untuk perkembangan otot. Orang-orang mengkonsumsi kurma dalam berbagai cara; mencampur adonan kurma dengan susu, yogurt, atau dengan roti dan mentega untuk menjadikannya lebih nikmat. Adonan kurma bermanfaat bagi orang dewasa dan anak-anak, khususnya pada masa pemulihan dari cedera atau sakit.
Berdasarkan survey dari pengobatan modern, kurma sudah diakui membantu proses pencegahan kanker abdomen. Banyak orang Muslim berbuka puasa dengan makan kurma dan minum air sesuai dengan tradisi agama mereka. Berbuka puasa dengan makan kurma membantu menghindari makan berlebihan setelah puasa berakhir. Saat tubuh mulai menyerap nutrisi yang terkandung pada kurma, rasa lapar juga hilang. Dan juga, sistem syaraf dapat terbantu dengan mengkonsumsi kurma, karena sistem syaraf memiliki potassium dalam jumlah yang tinggi.
Kurma adalah salah satu makanan manis dan multiguna yang dapat meregulasi proses pencernaan. Kurma dapat meningkatkan energi dalam waktu 30 menit bagi yang mengkonsumsinya. American Cancer Society merekomendasikan asupan serat 20 hingga 35 gram per hari, yang dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi kurma. Mengkonsumsi 1 buah kurma per hari juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata anda seumur hidup. Kurma dikenal cukup efektif melindungi mata dari rabun senja.